Percabangan pada C++ (Bagian 2)

if else statement image

Post ini lanjutan dari post sebelumnya yang membahas percabangan pernyataan if dan if-else. Baiklah silahkan disimak sob.

IF ELSE IF statement

Pernyataan IF ELSE IF digunakan apabila terdapat lebih dari dua kondisi dalam memutuskan sesuatu. Pernyataan ini biasanya digunakan untuk merumuskan lebih banyak alternatif. Bentuk umum dari pernyataan IF ELSE IF adalah sebagai berikut:

if else if statement syntax image

Contoh programnya adalah sebagai berikut:

Berikut ini adalah kode program untuk menentukan index nilai sebseorang mahasiswa. Input berupa nilai dari pengguna sedangka index nilai matakuliah dalam bentuk string (A, B, C, D, E).

program example for if else if statement

Percabangan Dengan Operator Boolean

Percabangan tipe ini digunakan ketika sebuah blok instruksi meminta dua buah kondisi atau lebih secara bersamaan. Artinya, blok instruksi tersebut hanya bisa dijalankan ketika kondisi-kondisi yang diminta terpenuhi. Operator-operator boolean yang dapat digunakan adalah:

boolean operator chart

Berikut ini adalah contoh program penerimaan pegawai baru. Syarat seseorang diterima sebagai pegawai adalah ia harus memiliki nilai tes minimal 250 poin dan berumur maksimal 35 tahun.

if statement with boolean example

Nested IF

Percabangan tipe ini digunakan apabila terdapat pernyataan percabangan dibawah sebuah pernyataan percabangan lainnya. Adapun bentuk umum dari percabangan ini adalah sebagai berikut:

nested if example

Berikut ini adalah contoh program untuk menentukan status kelulusan mahasiswa berdasarkan nilai matakuliah disertai dengan index nilainya.

example image

Switch Case statement

Pernyataan SWITCH-CASE merupakan bentuk alternatif dari pernyataan IF ELSE IF. Pernyataan ini digunakan hanya untuk membandingkan variabel tunggal dengan dengan beberapa kemungkinan nilai-nilai. Dalam penggunaannya, pernyataan SWITCH-CASE tidak dianjurkan untuk pilihan yang melibatkan jangkauan (range).

Berikut ini adalah kode program untuk mengetahui deskripsi prestasi dari sebuah index nilai matakuliah. Masukan dari pengguna berupa karakter A, B, C, D.

example image of switch case

Ya, demikian postingan kali ini, semoga sobat-sobat pembaca bisa memahaminya. Jangan lupa latihan terus sob, kuncinya di sini latihan. Kalau cuma dicoba sekali doang, sampai kapanpun nggak bakal bisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments...