Cara Counter Sinergi Guardian di Mobile Legends Magic Chess

mobile legends

Mode Magic Chess di Mobile Legends jadi mode yang sangat populer sejak dirilis. Seperti namanya, mode ini seolah-olah bermain catur. Genre game ini berawal saat sekelompok developer mengembangkan mode game ini di DOtA 2.

Sejak update patch pertama mode Magic Chess, Guardian sinergi menjadi yang terfavorit. Alasannya, hero dari Guardian sinergi "mudah" didapatkan. Jika beruntung, di beberapa ronde awal kita sudah bisa menyelesaikan sinergi dan tinggal menunggu upgrade hero dari sinergi tersebut atau memadukannya dengan sinergi lain. Elves dan Elementalist menjadi paduan sinergi populer untuk Guardian.

Untuk mendapatkan sinergi Guardian, kita tinggal menempatkan Akai, Diggie, dan Belerick pada board. Dari 3 hero tersebut teman-teman cuma perlu 6 gold untuk mendapatkannya (masing-masing level 1). Dengan total 54 gold untuk mencapai level 3 pada masing-masing hero.

Baiklah, kembali ke topik. Gue bukanlah pemain yang suka dengan sinergi tersebut. Karena, setiap gue main, semua orang memakai sinergi yang sama dan membuat permainan menjadi membosankan. Dari beberapa kali percobaan akhirnya gue mendapatkan cara untuk melawan sinergi guardian. Tetapi membutuhkan kesabaran tingkat tinggi, timing dan commander yang cocok.

Commander & Skill

Untuk memakai sinergi ini gue sarankan teman-teman memakai commander Eva dan menggunakan skillnya yang ke-2 (Toughness). Gue asumsikan teman-teman sudah membuka skill ke-2 dari commander ini. Skill passive ini memberikan bonus magic dan physical defense sebanyak 40 poin ke seluruh hero.

Skill pertama dari commander ini sendiri memberikan bonus physical attack sebanyak 50 poin dan magical attack sebanyak 100 poin jika ada 4 sinergi atau lebih. "Kenapa nggak pakai yang ini saja? kan, damagenya naik? lebih cepat bunuh musuh". Iya, tapi kita akan jadi lebih lambat untuk meng-upgrade hero. Karena, agar lebih efektif teman-teman harus sudah punya 4 sinergi untuk mendapatkan bonus tersebut. Saat gue menggunakan Eva dengan skill ini, gue biasanya menggunakan sinergi minimal 2 Abyss, 1 undead, 1 support, dan 3 fighter di awal game. Biasanya dengan hero Rafaela, Moskov, Argus, dan 2 dari hero Martis/Alpha/Alucard.

Synergies

Empire

Untuk sinergi pertama yang gue gunakan adalah Empire. Dengan 6 hero Empire, setiap basic attack dari hero empire akan mengurangi mana lawan sebanyak 24 dan menambah mana hero itu sendiri sebanyak 4 poin. Hero yang termasuk ke dalam sinergi ini yaitu Harith (1G), Lancelot (2G), Gusion (3G), Tigreal(3G), Guinevere (4G), dan Odette (5G).

Shadow Scarlett

Hanabi (2G), Hayabusa (2G), dan Kagura (4G) adalah hero dari sinergi ini. Kagura adalah hero terpenting untuk strategi yang gue gunakan ini, selanjutnya teman-teman tinggal pilih Hanabi atau Hayabusa atau mungkin memakai ketiganya sekaligus. Untuk gue sendiri, kalau gue mendapat item sinergi Assasin dari item drop atau ronde pembagian item, gue bakal pilih Hanabi, jika tidak, gue bakal pilih Hayabusa sebaga pasangan dari Kagura.

Adapun efek yang diberikan dari sinergi ini adalah ketiga hero tersebut bisa mengeluarkan skill ultimatenya. Dan alasan gue mengatakan Kagura jadi hero terpenting disini adalah karena skill ultimatenya. Ulti-nya ini bisa men-stun beberapa lawan sekaligus. Apalagi jika teman-teman memberikan item Concentrated Energy + Glowing wand + Enchanted Talisman, Kagura akan menjadi susah untuk dibunuh dan ulti-nya akan terus berlanjut.

Optional Sinergi

Jadi, 6 hero empire dan 2 hero Shadow Scarlett, kita sudah menghabiskan 8 slot. Maksimal slot yang bisa kita upgrade hanya sampi 9 slot. Namun, dengan item slot addition yang bisa didapatkan dari ronde pembagian item kita bisa mendapatkan 1 slot tambahan. Biasanya, gue menambahkan Gatot Kaca dan Estes sebagai tambahan. gue ambil Gatot untuk sinergi wrestler-nya, tak cuma itu skill-nya juga sangat berguna, apalagi melawan pemain yang menumpuk hero range nya di sudut karena hero Assassin biasanya tidak bisa melompat kesana. Dengan skill dari gatot kaca bisa merusak susunan formasi lawan.

Perpaduan dari Gatot Kaca dan Guinevere memberikan sinergi wrestler, yang mana memberikan chance untuk men-stun lawan. Sementara untuk Estes sendiri adalah untuk mendapatkan sinergi support dan menambah durability semua hero.

Cara Main

  1. Seperti panduan pada umumnya, jika hero yang kita inginkan muncul di shop, ambil sesegera mungkin. Karena tiap ronde berganti chance untuk mendapatkan hero pada tiap kelasnya juga akan berganti.
  2. Jika pada ronde awal, tidak mendapatkan sinergi hero yang diinginkan masuk ke plan-B. Beli hero dengan sinergi yang sama dengan sinergi dari inital hero, tidak masalah jika diupgrade juga ke level 2 atau 3. Karena di game ini, saat hero dijual, harganya tidak berkurang, jadi tidak masalah.
  3. Jangan panik jika teman-teman kehilangan hp pada ronde-ronde awal. Sinergi yang Gue gunakan ini sebenarnya untuk late game. Tapi jika teman-teman beruntung mendapatkan sinerginya di ronde awal, maka akan jadi lebih sangat mudah.
  4. Tigreal adalah kunci pertahanan. Sebisa mungkin setidaknya upgrade tigreal ke level 2. Dengan begitu Damage dealer tidak langsung mati saat ronde dimulai.
  5. Masih sama seperti panduan pada umumnya. Jangan terlalu nafsu untuk upgrade. Sisakan gold minimal 10 untuk mendapat 2 gold interest pada akhir ronde. Dan jika HP teman-teman masih banyak sisakan 20 gold, sehingga di akhir ronde teman-teman akan mendapat bonus 4 gold.
  6. Jika, teman-teman tetap kalah di awal-awal ronde dan HP sudah tipis. gunakan gold untuk upgrade slot. Ya, gue lebih menyarankan teman-teman mengupgrade slot atau level dibandingkan merefresh slot untuk mengupgrade hero.

Pro Tips

Jika teman teman mempunya 20 gold dan hero yang teman-teman inginkan muncul di shop, terkadang ini menjadi dilema. Kika kita ambil, bonus interest akan berkurang, jika tidak, kita akan melewatkan hero tersebut, sebenarnya kita bisa mengunci shop agar tidak merefresh. Tapi gue sarankan jangan jika teman-teman masih punya slot pada bench. Tips dari gue adalah, beli hero tersebut pas ronde berakhir.

Kalau teman-teman perhatikan di akhir ronde ada panel yang muncul memberi informasi menang/kalah, gold yang didapatkan, dan bonus interest. Beli hero tersebut saat panel tadi muncul. Teman-teman akan tetap mendapatkan bonus interest dan juga hero yang diinginkan.

Tidak ada komentar: