Yuk, Belajar Bahasa Pemrograman C++ !

c++ image

Pagi sob, kali ini gw mau berbagi ilmu tentang pemrograman dengan bahasa C++. Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek hasil pengembangan oleh Bjarne Stroustup dari bahasa B. Untuk lebih lengkapnya silahkan buka Wikipedia.

Untuk membuat program C++ sobat bisa menggunakan text editor seperti Notepad, Notepad++ tapi sobat perlu compiler, gw makenya MinGW, bisa sobat cari di Google dan langsung unduh. Tapi, kalo sobat nggak mau ribet tinggal pake Dev-C++ karena compilernya udah dipaketin gitu.

Oke, sekarang kita mulai coding. Untuk membuat program C++ harus ada header dulu. Di sini gw langsung kasih listing programnya aja ya dan bakalan gw jelasin setelahnya.

#include <iostream> using namespace std;
int main(){  cout << "Hello World !" << endl; }

Mudah kan, setelah dicompile akan muncul tulisan "Hello World!" di layar sobat. Nah, sekarang gw jelasin nih.

#include <iostream>

ini adalah headernya. Setiap memulai menulis code C++ harus ada headernya. Headernya itu yang iostream, sementara #include adalah pembukanya. Header pada C++ sebenarnya ada banyak, tapi pada program ini kita cuma butuh yang ini aja. Untuk iostream ini sendiri berfungsi untuk mendefenisikan beberapa fungsi berikut.

  • cout, fungsi ini digunakan untuk menampilkan tulisan ke layar monitor. Seperti yang kita pakai diatas, fungsi ini untuk menampilkan tulisan Hello World!
  • cin, fungsi ini untuk menyimpan masukan dari pengguna ke dalam variabel yang kita deklarasikan sebelumnya. Untuk program diatas kita tidak memakai fungsi ini. Berbeda dengan cout, pada fungsi cin arah notasinya berlawanan
  • endl, ini digunakan untuk baris baru atau pindah baris. Mirip-mirip fungsi tombol enter di microsoft world. Dan endl ini harus ditulis setelah cout

namespace

Yang ini juga jangan lupa disertakan kalau nulis kode C++, cout dan cin tadi nggak bakal berfungsi kalau nggak pake ini dan bakalan muncul syntax error.

Segitu dulu kayanya, nanti akan saya lanjutkan dengan perulangan dan percabangan pada postingan selanjutnya. Eh tunggu dulu, cuma mau ngingetin, C++ itu case sensitive jadi ada baiknya perintah-perintah atau reserve words C++ itu sendiri ditulis pake lower case alias huruf kecil. Jangan lupa juga setiap akhir perintah diakhiri dengan semicolon alias titik kome " ; ". Don't underestimate the semicolon! hehe. Tiap agan ngetik buka kurung, harus ada tutup kurungnya kalau nggak mau syntax error, Bye.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments...