Tutorial Dasar HTML & HTML5 (Intro)

html tutorial series banner image

Pada beberapa postingan ke depan, saya akan membuat HTML Tutorial Series. Bagi teman-teman yang tertarik untuk mempelajari pembuatan website bisa mengikuti tutorial ini. Tidak perlu punya pengalaman dalam programming untuk mengikuti tutorial ini, dan semuanya gratis.

  1. Pengenalan HTML
  2. Mengolah Teks Dengan HTML
  3. Apa Itu Semantic Markup ?
  4. Membuat List Dengan HTML
  5. Menyisipkan Link Pada halaman Web
  6. Soon...

HTML dan Sejarahnya

Sebelum kita mulai, alangkah baiknya kita tau apa yang akan kita kerjakan. HTML pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee, Robert Cailliau, dan lainnya pada tahun 1989. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language.

HyperText adalah dokumen yang didalamnya berisi tautan yang memungkinkan kita untuk berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Versi HTML yang digunakan saat ini adalah HTML5. Markup Language adalah bahasa yang digunakan oleh komputer berkomunikasi untuk mengatur bagaimana teks diolah dan ditampilkan.

Sebelumnya, teman-teman persiapkan dulu text editornya. Teman-teman bisa menggunakan text editor gratis seperti Notepad++, Sublime Text 3, Visual Studio Code, atau Atom. Saya sendiri menggunakan Visual Studio Code.

Anatomi Dokumen HTML

<!DOCTYPE html> — Tag ini menentukan bahasa yang digunakan pada dokumen tersebut. Pada kasus ini, bahasa yang digunakan adalah HTML5.

<html></html> — Elemen ini mengisyaratkan bahwa kita akan menulis code HTML. Dan tag ini juga merupakan root element.

<head></head> — Elemen ini bertindak sebagai wadah untuk segala hal yang tidak ditujukan untuk pengunjung website. Biasanya berhubungan dengan search engine seperti kata kunci website, deskripsi, CSS styles, dsb.

<title></title> — Elemen ini adalah tempat kita menuliskan judul dari halaman website. Apa yang kita tuliskan di sini akan ditampilkan pada tab browser.

<body></body> — Elemen ini adalah pembungkus dari segala elemen yang teman-teman ingin tampilkan pada halaman website.

anatomi dokumen html

Mungkin itu saja untuk intro dari HTML Tutorial Series ini, selanjutnya kita akan membahas elemen-elemen yang mengolah teks pada HTML. Jika teman-teman punya pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Sebisa mungkin akan saya jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comments...